Selasa, 05 Juni 2012

merawat komputer

Hai semua! Pada artikel kali ini saya akan share cara atau tips merawat komputer. Komputer terbagi dua, yaitu hardware dan software. Software dan hardware saling membutuhkan agar dapat bekerja dengan baik. Oleh Karena itu 2 hal ini patut kita pelihara sebaik mungkin. Seperti biasa langkah yang saya bagikan mudah dan tidak ribet. Mari kita mulai merawat komputer:


SOFTWARE
Software merupakan bagian penting pada komputer. Hal pertama yang akan kita perhatikan dalam merawat komputer adalah Operating System. Operating system sering kali mengalami gangguan akibat virus komputer. Oleh karena itu anti virus telah terinstall pada komputer anda. Pastikan pula anti virus yang anda gunakan up to date. Saat ini bermunculan berbagai varian virus baru di internet. Oleh Karena itu update anti virus secara berkala sangatlah penting. Terutama bagi anda pengakses komputer dan yang sering bertukar data. Ancaman virus Trojan, Malware, dan Worm sangatlah besar.
Bagian penting dari software adalah harddisk. Harddisk memerlukan perawatan khusus secara berkala. Disarankan dilakukan perawatan harddisk minimal 3 bulan sekali. Lakukanlah disk defragment setiap 3 bulan sekali. Ini akan menata data pada harddisk anda. Jika anda ingin yang lebih sederhana, anda bisa menggunakan sebuat software. Salah satunya adalah CCleaner. Dengan beberapa klik anda bisa membersihkan temp folder dan registry anda.
Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah system tray. Pastikan anda menon-aktifkan program yang tidak terpakai. Khususnya jika anda sedang menjalankan program berat. Jika perlu, uninstall program yang sudah tidak pernah dipakai. Hal ini untuk menghemat porsi RAM anda.
HARDWARE
Untuk melakukan perawatan hardware, tentunya anda harus membongkar casing. Pastikan tempat anda membongkar casing bersih dan kering. Hal ini untuk menghindari kecelakaan yang dapat merusak komponen hardware. Komponen pada hardware sangatlah sensitif dengan debu dan cairan. Ada beberapa sector yang akan kita rawat kali ini.
ü 
Debu
Debu merupakan salah satu penyebab kerusakan pada komponen. Baik pada motherboard, VGA, RAM, dan lain-lain. Terkadang penyebab sebuah komponen tidak terdeteksi adalah debu. Sesuatu yang sederhana namun mematikan memang. Oleh karena itu mari kita basmi debu dari dalam casing kita. Kita bisa memulai dengan menggunakan alat penghisap debu. Alat ini dapat menghisap sebagian debu pada komponen hardware. Setelah itu kita dapat menggunakan kuas halus dan kering untuk membersihkan secara langsung. Cabut RAM, VGA, fan, dan komponen lainnya, lalu bersihkan dengan kuas. Bersihkan juga semua slot pada motherboard. Untuk RAM dan VGA anda bisa gosok dengan penghapus karet pada bagian kuningnya. Dengan komponen yang bebas debu, komputer anda akan lebih bebas panas. Setelah semua selesai, pasang kembali semua komponen secara hati-hati.
ü 
Pasta Pendingin
Pasta pendingin digunakan untuk mendinginkan processor anda. Processor merupakan salah satu komponen yang bekerja keras. Hal ini menyebabkan processor bisa sangat panas. Kali ini kita akan melakukan perawatan pada pasta pendingin. Hal ini untuk memastikan processor dan heatsink dapat bekerja maksimal. Sebaiknya anda membeli pasta pendingin yang berkualitas di toko online yang baik. Sebelum melakukan ini pun anda harus benar-tahu cara memasang processor yang benar. Anda bisa melihat tutorialnya di youtube.
Oke demikianlah sedikit langkah-langkah sederhana tips merawat komputer. Sederhana sekali bukan? Iya dong, kalau anda bingung, nanti kami sendiri ikut bingung. Rajin-rajinlah merawat komputer anda secara berkala. Sekian dari kami Digital Cross, sampai bertemu di artikel berikutnya.


Untuk meDownload artikel di atas klik link dibawah
>>>>DownLoad<<<<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar